Thursday, April 4, 2013

CHAPTER 5 Meet Me in Istanbul By Richard Chisholm (In Indonesian Language)


CHAPTER 5
A Disappointing Day
(Hari Yang Mengecewakan)
‘Jadi’, kata Kemal, ‘anda benar-benar berpikir Anda melihatnya, kan?’, Kemal dan Tom sedang duduk di bar Amerika di park hotel. Tom berpikir dengan hati-hati sejenak sebelum menjawab.
‘Ya,’ dia berkata pelan. ‘Ya, saya melihatnya. Anda mungkin berpikir saya berkhayal tentang hal itu. Saya mengerti itu.Tapi, saya yakin saya telah melihatnya, itu saja.’
Kemal mengangguk.
‘Saya tidak bisa berhenti memikirkan hal kemarin, Tom melanjutkan. Saya menutup mata saya dan saya bisa melihat Angela ada di trotoar. Saya tidak bisa lupa akan hal itu.’
‘Dengar, Tom,’ kata Kemal. ‘Kita baru bertemu kemarin tetapi kita sudah berteman. Anda berada di negara saya, anda adalah teman saya dan anda membutuhkan sebuah bantuan. Jika Anda telah berpikir Anda melihat Angela, itu sudah cukup untuk saya. Saya percaya anda. sekarang kita harus memutuskan apa yang harus kita lakukan.’
‘Ada dua hal yang saya ingin lakukan sesegera mungkin, Tom berkata. Saya ingin pergi ke sebuah jalan di mana saya melihat Angela. Kemudian saya ingin pergi ke konsulat Inggris. Saya memiliki sebuah janji untuk sore ini.’
‘Baiklah,’ Kemal berkata. Di jalan mana anda  melihat angela?. Apakah anda berfikir anda dapat mengingat di mana itu?’
‘Tidak ada masalah, Tom berkata.’Kita dapat berkendara di sepanjang rute yang sama seperti bus bandara. Saya yakin saya akan ingat itu.
‘lantas apa sesuatu apa yang anda fikir anda dapat menemukannya disana?’
‘Saya tidak yakin. Tapi ia pergi ke sebuah gedung - mungkin hal tersebut akan memberitahu kita sesuatu.’
‘Baiklah,’ Kemal berkata. ‘Mobil saya diluar. Mari kita pergi.’

_______________

Tom dan Kemal sedang berkendara melalui kota.
‘Itu adalah jalan lebar, Tom berkata. ‘Kami datang ke sebuah bundaran setelah lampu lalu lintas. Kami berbelok ke kiri dan kemudian kami melewati sebuah terowongan lama.’
‘Aksaray, Kemal berkata. itu berada di dekat sini.’
Kemal mengendarai mobil melaju Jembatan Ataturk. Setelah beberapa menit, mereka melihat sebuah terowongan lama. Kemudian mereka datang ke bundaran besar dan berbelok ke kanan.
‘Ini dia, Tom berkata. Itu di suatu tempat di dekat sini.’
Mereka mendekati beberapa lampu lalu lintas. Tom melihat jendela dari luar di gedung-gedung di sebelah kiri.
‘Tidak, Tom berkata. Tidak ada di sini.’
Mereka melaju di lampu lalu lintas berikutnya.
‘Ini, Tom berkata. Ini adalah tempatnya.’
Kemal menghentikan mobil.
‘Anda keluar. Saya akan mencari sebuah tempat parkir.’
Tom pergi keluar dan melihat sekelilingnya. ia berada di sebuah took-toko dan kantor-kantor jalan lebar. Sebuah kios koran, sebuah agen perjalanan – Tom teringat mereka dari hari sebelumnya. Ia berdiri melihat bangunan secara berlawanan sampai kemal tiba.
Tom menunjuk ke seberang jalan ke pintu masuk sebuah gedung perkantoran.
‘Itu dia. Saya pikir,’ kata Tom.
Mereka menyeberang jalan dan melihat plat nama di samping pintu masuk ke blok kantor. Disana ada banyak nama-nama ada pengacara, dokter gigi, dokter, dan kantor-kantor lainnya. Tom berdiri melihat nama-nama tersebut untuk beberapa saat.
‘Baik, katanya akhirnya, saya yakin Angela masuk ke gedung ini.
Tetapi kantor yang mana yang dia datangi? Apakah dia akan mencari seorang pengacara, atau dokter gigi, atau dokter?  Bagaimana kita mulai untuk mencari tahu?’
Kemal menggenggam tangannya dengan lembut, dan mereka berjalan perlahan-lahan kembali ke mobil.
‘Dengar, Tom,’ Kemal berkata. Anda terlalu cepat. Anda tidak bisa berharap untuk mengetahui segalan sesuatu dengan sesegera mungkin. Tunggu sampai Anda melihat orang di konsulat. Setelah itu, kita akan berpikir tentang hal ini. Kemudian kita bisa memutuskan apa yang harus dilakukan. kita tahu dia masuk ke gedung itu. Itu adalah hal yang bagus. Sekarang lihat, sekarang waktunya untuk makan siang. Anda pasti lapar, saya tahu restoran yang bagus di dekat sini…’
‘Anda benar,’ Tom berkata. ‘Kita haus bersabar.’

_______________

No comments: